Sabtu, 15 Juni 2024

Mulai Dengan Topik yang Dekat, Mahasiswa Hibah MBKM Riset UNS Lakukan Penelitian Konsumsi Mahasiswa pada Event dan Konser di Surakarta

(Mahasiswa Hibah MBKM sedang melakukan wawancara di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta/Dok. Tim Hibah MBKM Riset ID 868)

Lpmvisi.com, Solo —  Melihat banyaknya event dan konser yang diselenggarakan di Surakarta serta tingginya antusias masyarakat khususnya mahasiswa, kelompok ini tertarik untuk mengkaji lebih lanjut terkait perilaku konsumsi yang terjadi dalam aktivitas tersebut. Hal- hal yang kami kaji lebih lanjut mulai dari proses persebaran informasi terkait event dan konser, pembelian tiket, persiapan, aktivitas ketika event berlangsung hingga berakhir. Pengambilan informasi didapatkan melalui mahasiswa laki-laki dan perempuan dari beberapa kampus negeri dan swasta di Kota Surakarta. Selain itu, para mahasiswa peserta Hibah MBKM juga sempat berbincang dengan beberapa Event Organizer yang pernah menyelenggarakan event musik di Surakarta untuk berbagi pengalaman serta mencari informasi terkait mekanisme penyelenggaraan konser. Mereka juga berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surakarta untuk memperoleh data dan informasi yang terjamin validitasnya terkait perizinan penyelenggaraan konser oleh pemerintah daerah.

(Event Musik “Berani Jadi Beda” yang menjadi salah satu tempat observasi riset/Dok. Tim Hibah  MBKM Riset ID 868)

Narasumber dalam penelitian berasal dari enam kampus swasta dan negeri seperti yang telah disebutkan sebelumnya, antara lain Akademi Seni dan Desain Indonesia (ASDI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Slamet Riyadi (Unisri), dan Universitas Surakarta (Unsa), serta masing-masing berjumlah dua mahasiswa. Melalui riset ini, diketahui bahwa para mahasiswa lebih konsumtif pada konser dan jajanan di sekitar konser. Mahasiswa juga lebih menyukai konser berbayar daripada konser gratis dikarenakan mendapat benefit yang lebih banyak. Para mahasiswa juga sadar perilaku konsumtif yang dilakukan, tetapi mereka tidak mempermasalahkan hal tersebut karena menganggapnya sebagai self-reward.

(Wawancara dengan mahasiswa Universitas Slamet Riyadi/Dok. Tim Hibah MBKM Riset ID 868)

Dengan jawaban narasumber yang beragam tersebut, Tim Hibah MBKM Riset yang dinaungi Direktorat Reputasi Akademik dan Kemahasiswaan (DRAK) Universitas Sebelas Maret (UNS) ini akan mengolah data wawancara yang nantinya dikaji pula dengan teori Sosiologi. Penelitian yang telah dilaksanakan mulai dari bulan Februari 2024 ini selain menuntut mahasiswa bekerja On Desk, juga meningkatkan interaksi terutama dengan mahasiswa dari universitas lain, pihak Event Organizer, dan juga instansi maupun masyarakat yang ditemui semasa observasi lapangan dan penyebaran informasi.

(Pemasangan poster untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terkait perilaku konsumsi/Dok. Tim Hibah  MBKM Riset ID 868)

Kelompok Hibah MBKM Riset dengan nomor ID 868 yang beranggotakan 10 orang mahasiswa Sosiologi Universitas Sebelas Maret ini, berhasil melakukan penelitian yang luarannya akan diterbitkan di jurnal terakreditasi SINTA 4. Selain itu, informasi dan pengetahuan lainnya juga disebarluaskan melalui laman instagram mereka yaitu @cec.research dan membuat poster edukasi yang dipajang di tempat umum agar dapat dilihat banyak orang. Penelitian berjudul “Perilaku Konsumsi Mahasiswa pada Event dan Konser di Surakarta” ini diharapkan dapat memberikan sumbangan ilmu kedepannya dan memotivasi mahasiswa lain untuk terus berkarya terutama dengan adanya dukungan dari universitas. (Nabila, Tim Hibah MBKM Riset ID 868)



SHARE THIS

0 Comments: