Sabtu, 24 Agustus 2024

Hangatnya PKKMB FISIP UNS 2024, Semangat Mahasiswa Baru yang Menyala dari Pagi hingga Sore Hari

(Mahasiswa baru yang telah menyelesaikan rangkaian PKKMB FISIP 2024 saat keluar dari area FISIP UNS/Dok. Nabila)

Lpmvisi.com, Solo – Rangkaian masa Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) tahun 2024 yang berjalan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 20-22 Agustus telah resmi selesai dengan ditutupnya rangkaian acara di Fakultas masing-masing. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) salah satunya, 2 (dua) hari terakhir merupakan tugas dari Panitia PKKMB masing-masing Fakultas untuk membuat acara hingga penutupan PKKMB. Kegiatan pada hari terakhir (22/8) tersebut diisi beberapa sesi yang memperkenalkan Mahasiswa Baru (Maba) dengan program studi masing-masing hingga hiburan di akhir acara.


Antusiasme Maba terlihat bertambah di siang hari, jalanan di area Hutan FISIP terlihat dipenuhi Maba yang mengunjungi stand UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan Ormawa (Organisasi Mahasiswa) di sesi Expo UKM. Total 18 UKM dan Ormawa yang tersebar di beberapa titik di sepanjang jalan yang berada di antara Hutan FISIP dan Gedung 2 FISIP UNS juga terlihat sudah siap menyambut Maba untuk datang ke stand mereka. Meski hanya berdurasi 1 (satu) jam, keramaian dari sesi ini cukup membuat suasana siang hari yang panas tersebut menjadi semakin bergelora dengan keantusiasan para Maba dan penjaga stand Expo UKM.


(Suasana Expo UKM yang dipenuhi stand UKM-Ormawa dan para mahasiswa baru/Dok. Nabila)

Acara yang berjalan 3 (tiga) hari tersebut sejatinya terbagi menjadi 2 (dua). Di hari pertama (20/8), kegiatan PKKMB merupakan ranah Universitas, tetapi dilaksanakan di fakultas masing-masing melalui sambungan teleconference. Hari kedua dan ketiga merupakan PKKMB Fakultas yang disiapkan oleh Panitia fakultas masing-masing. Dengan mengusung tema Ravrajati Vistara Abhirama yang diambil dari bahasa sansekerta, PKKMB FISIP UNS tahun ini berkonsepkan petualangan. Persiapan pastinya sudah dilakukan dari bulan-bulan sebelumnya, seperti yang diungkapkan Dimas (19) Mahasiswa Administrasi Negara FISIP UNS angkatan 2023 dan panitia staf Divisi Keuangan PKKMB FISIP tahun ini yang menyatakan meskipun mengalami beberapa kesulitan banyak hal yang memorable dalam proses PPKMB FISIP tahun ini, “..yang paling diingat itu kalau dari internal terkadang ada miskom atau kadang mood juga naik-turun,“ ucapnya.


Puncak acara atau Grand Closing PKKMB FISIP UNS tahun ini ditutup dengan sesi Sorak FISIP setelah penampilan band yang membawakan beberapa lagu. Berlokasi di halaman FISIP UNS dengan panggung yang berdiri di dekat area parkir Gedung 4 FISIP UNS, menjadi tempat dimana Maba serta panitia bernyanyi dan bersorak menutup seluruh rangkaian PKKMB Fakultas yang telah berjalan selama 2 (dua) hari. Selaras dengan langit sore hari, warna jingga dengan semburat merah muda, FISIP UNS petang itu terlihat begitu apik menjadi penutup PKKMB Fakultas yang diiringi audio sound system yang bersahutan dari berbagai penjuru UNS.


(Keramaian penutupan acara PKKMB FISIP UNS 2024/Dok. Nabila)

Seluruh rangkaian PKKMB ini tentunya meninggalkan kesan yang terlupakan bagi para Maba, “Seru banget sampai ga bisa diungkapin pakai kata-kata, aku senang banget bisa ketemu semua orang baru di sini, bondingnya juga bagus pokoknya sukses selalu PKKMB FISIP kedepannya,” tutur Mutiara (17) Maba Ilmu Komunikasi yang mengungkapkan perasaanya seusai acara. Euforia PKKMB FISIP juga dirasakan Guntur (18), seorang Maba Sosiologi saat ditanyai Tim LPM VISI, “Capek, tapi kebayar sama serunya,” sebut Guntur yang juga mengaku siap-tidak siap menghadapi perkuliahan yang dimulai pada hari Senin, 26 Agustus 2024. Kendati hari semakin gelap dan acara telah usai, masih banyak para mahasiswa yang enggan berpisah dengan teman sekelompok serta pendampingnya, mereka tetap di FISIP untuk beberapa saat dan mengabadikan momen bersama.  (Nabila, Windy, Kahfi)


(Kebersamaan mahasiswa dan panitia bahkan setelah acara selesai dan hari beranjak gelap/Dok. Nabila)


SHARE THIS

0 Comments: