Senin, 21 Oktober 2024

PLTSa Resahkan Warga Solo, Lingkar Diskusi FISIP Bahas Isu Terkait dan Undang Musisi-Musisi Lokal

(Penampilan Culture Nade pada Lingkar Diskusi FISIP di Hutan FISIP, Selasa (15/10) / Dok. Revalita)

Lpmvisi.com, Solo Kementerian Kajian Aksi Strategis dan Propaganda (Kaspro) Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) mengadakan Lingkar Diksusi FISIP bertemakan lingkungan dengan mengundang berbagai musisi pada Selasa (15/10) di Hutan FISIP UNS, Solo.

Hanya dalam kurun waktu satu minggu, Kementerian Kaspro dapat menyelenggarakan acara ini dengan mengundang band-band penampil seperti De Kribs, Erin Super, Culture Nade, Yusuf and Beny, dan kolektif alternatif lain.

“Seminggu yang lalu ditawarin dari jaringanku, terkait musisi-musisi yang mau tur ke kota-kota (sekitar) dan membawakan music bertema lingkungan,” tutur Dewa (20) selaku wakil Menteri Kaspro ketika ditanya mengenai awal mula acara.

Meskipun bertajuk Balada Nyanyian Lingkugan, acara ini tidak hanya berisi nyanyian dan syair saja tetapi juga terdapat diskusi mengenai isu Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Solo yang meresahkan warga sekitar. Yoga selaku pembicara diskusi tersebut mengatakan bahwa pembangkit listrik tersebut pasti menghasilkan polutan berbahaya bagi warga sekitar, sehingga banyak warga yang protes terkait pembangunannya.

“Warga akan mengalami gangguan-gangguan polutan dari pembangkit listrik itu, (seperti) bau karet terbakar, bising, dan sungai yang menghitam,” ucapnya terkait masalah lingkungan lokal. “Selain itu, biaya nya juga cukup besar, hampir 700 miliar rupiah,” tambahnya.

Diskusi yang dihadiri sekitar 50 orang tersebut merupakan bukti bahwa masih banyak mahasiswa yang peduli terkait isu lingkungan lokal. Amalia (22) selaku Presiden BEM FISIP UNS yang turut hadir mendukung keberlangsungan acara ini dan tidak menduga bahwa akan banyak audiens yang hadir. “Kegiatannya positif karena membahas soal lingkungan dan emang waktunya berbicara soal itu. Ternyata cakupannya luas juga dan banyak audiens yang datang.” ucapnya di akhir acara tersebut. Ia juga berharap agar acara seperti ini dapat terus berlanjut ke depannya. (Revalita)



SHARE THIS

0 Comments: