Senin, 07 Oktober 2024

Terinspirasi dari Panasnya Kota Solo, Desain Interior UNS Gelar INRARE X MBDW 2024

(Salah satu area pameran desain produk dalam INRARE X MBDW 2024 di Lokananta Bloc (6/10) / Dok. Ayesa)

Lpmvisi.com, Solo - Program studi Desain Interior Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar pameran bertajuk INRARE 2024 berkolaborasi dengan M Bloc Design Week (MBDW) dan berlangsung dari tanggal 27 September 2024 hingga 6 Oktober 2024 di Lokananta Bloc, Surakarta. Dalam pameran yang berlangsung dua tahun sekali ini, terdapat 65 karya yang terdiri dari desain interior– apartemen, residensial, komersial, dan fasilitas publik– serta desain produk dan prototipe furnitur. Karya-karya tersebut berasal dari hasil tugas semester 1 hingga hasil tugas akhir mahasiswa program studi Desain Interior angkatan 2017 hingga 2022. Pada tahun 2024, INRARE mengangkat tema Living In Harmony With The Heat dengan konsep karya Sustainable Design.

Putri Hidayah, mahasiswa program studi Desain Interior angkatan 2022 yang bertugas sebagai divisi setting pameran pada INRARE 2024, menjelaskan bahwa tema Living In Harmony With The Heat diangkat karena isu suhu kota Solo yang panas dan konsep Sustainable Design dipilih untuk mengatasi isu tersebut. Konsep tersebut diaplikasikan dalam material yang digunakan dalam karya, seperti material yang dapat didaur ulang dan dimanfaatkan secara terus menerus, sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Konsep sustainable pun tengah menjadi tren di sektor desain interior maupun lainnya karena permasalahan lingkungan dan perubahan iklim yang semakin meningkat.


(Area pameran desain interior fasilitas publik dalam INRARE X MBDW 2024 / Dok. Ayesa)

INRARE bertujuan untuk memperkenalkan program studi Desain Interior UNS kepada masyarakat umum, sehingga target dari pameran ini sendiri yaitu dari kalangan masyarakat umum. Lokananta Bloc dipilih karena menjadi salah satu tempat hiburan terkemuka di kota Solo dengan arus pengunjung yang besar dan ditambah dengan ukuran venue yang luas. Selain itu, panitia memperkirakan apabila pameran ini menggunakan venue yang hanya dialokasikan khusus kepada sebuah jenis pameran, maka umumnya pengunjung akan berasal dari orang-orang yang sudah mengenal baik desain interior. 


Pameran ini juga menggandeng Rumah Atsiri dalam    bentuk kerja sama. Hal tersebut didasari oleh kunjungan dan gagasan panitia untuk mengaplikasikan hal yang terdapat di Rumah Atsiri, Tawangmangu. Terdapat instalasi dari Rumah Atsiri berupa bilik semi terbuka  dengan sumber aroma di bagian atasnya. Melalui instalasi tersebut, pengunjung dapat merasakan pengalaman mencium beberapa aroma essential oil yang merupakan salah satu produk unggulan Rumah Atsiri. 


Konsep pengalaman langsung dari berbagai macam indra juga ditampilkan di sini, seperti indra penglihatan melalui penyajian karya desain interior yang tersebar di beberapa titik, kemudian indra pendengaran melalui suara kerikil yang diinjak, indra peraba melalui desain produk dan furnitur yang diperbolehkan untuk dipegang oleh pengunjung, dan indra penciuman melalui instalasi Rumah Atsiri. Terdapat lima jenis instalasi Rumah Atsiri dengan aroma essential oilnya yang turut merepresentasikan suhu sesuai dengan tema pameran. Aroma di instalasi ini bertransisi dari yang merepresentasikan panas hingga paling dingin. Secara berurutan, essential oil ini terdiri dari cinnamon yang memiliki aroma kuat, cedarwood, jasmine, lavender, hingga peppermint yang aromanya kerap terhirup sekilas saja.

(Instalasi dari Rumah Atsiri di tengah instalasi INRARE X MBDW 2024 / Dok. Ayesa)

 

Putri menjelaskan jika persiapan pameran ini dimulai sejak awal tahun 2024 dengan pembuatan konsep awal yang melibatkan 70 panitia penyelenggara kegiatan. Mereka berasal dari mahasiswa program studi Desain Interior UNS angkatan 2021 dan 2022 serta belasan mahasiswa angkatan 2023 yang diperoleh melalui open volunteer. Awalnya pamerannya ini kecil dan kolaborasi dengan MBDW yang namanya sudah besar. Mungkin semoga bisa berkolaborasi dan bekerja sama dengan instalasi ataupun komunitas yang lebih besar supaya nama desain interior UNS dapat dikenal masyarakat luas,” pungkas Putri saat diwawancarai perihal harapannya terhadap INRARE X MBDW 2024 ini. (Alya, Ayesa)



SHARE THIS

0 Comments: